Home UPACARA BENDERA DI LAPANGAN TARUNA BHAKTI
UPACARA BENDERA DI LAPANGAN TARUNA BHAKTI PDF Cetak Email
Ditulis oleh Penhumas Akmil   
Jumat, 17 Pebruari 2017 08:27

UPACARA BENDERA DI LAPANGAN TARUNA BHAKTI

Akmil - Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, sebagai irup dalam rangka upacara Bendera 17-san bulan Pebruari 2017. Bertempat dilapangan Taruna Bhakti Akmil, dengan peserta upacara Taruna / Taruni Tk I Mencandra ( Resimen Candra Dimuka Akademi TNI ) dan segenap organik Resimen Candra Dimuka, baik Militer maupun PNS. Yang bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol (Kes) Edi Sumarjoko.S. Katimgumiltih Mencandra dari matra Angkatan Udara. Jumat (17/2).

Upacara Tujuh Belasan merupakan saat yang tepat untuk menyegarkan kembali nilai-nilai luhur semangat 45 untuk dijadikan pedoman dan landasan hidup sebagai prajurit sejati, yang selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam setiap langkah pengabdian. apa yang dikatakan para sejarahwan,bahwa mempelajari sejarah adalah dengan membangun sejarah. “To study history is to build history”, sangat besar manfaatnya dalam membangun karakter (Character Building) anak bangsa, yang mengingatkan kita semua untuk “JAS MERAH”, yang artinya “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”, karena bila kita sudah tidak mengenal sejarah bangsa sendiri, maka akan terputus mata rantai sejarah itu dan pada akhirnya kita akan kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.Sebagai buffer (penyangga) negara, dari ancaman terhadap kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa, sikap-sikap yang mengarah kepada lunturnya nilai-nilai wawasan kebangsaan, tidak boleh terjadi. perlu kita hayati secara benar untuk menumbuh-kan dan memelihara wawasan kebangsaan, yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

Rasa Kebangsaan, merupakan kesadaran berbangsa dan bernegara yang tumbuh secara alamiah pada diri seseorang, karena adanya kesamaan tujuan hidup, kebudayaan, sejarah dan aspirasi perjuangannya.Kesamaan tujuan, budaya, sejarah dan aspirasi perjuangan seperti di-sebutkan di atas, telah menempatkan bangsa Indonesia secara alami sebagai komunitas budaya, komunitas sejarah dan komunitas kepentingan bersama.Oleh karenanya, pengelolaan nilai-nilai dan ikatan-ikatan bersama itu jangan sampai memberi peluang ter-gesernya paham multicultural nati-onalism oleh paham mono cultural nationalism yang menjurus kepada pemecahbelahan persatuan dan kesatu-an bangsa Indonesia.Sedangkan,

paham kebangsaan, dipercayasebagai faktor utama yang mempersatukan perbedaan yang ada, dan kemerdekaan sebagai wujud perkembangan kesadaran bangsa, hanya akan dicapai apabila ada persatuan yang kuat.Persatuan Indonesia tidak meng-hapus keanekaragaman dan bukan menciptakan keseragaman, melainkan melestarikan dan mengembangkan kebhinnekaan.

semangat kebangsaan, yang merupakan tekad sejati demi membela dan rela berkorban bagi kepentingan bangsa dan negara-nya.Semangat kebangsaan akan mendorong keberhasilan dalam mempersatukan segala macam perbedaan, sehingga harus kita kawal dari hal-hal yang dapat melonggarkan ikatan-ikatan dan nilai-nilai kebersamaan yang sudah dibangun oleh para pendahulu-pendahulu kita, seperti pergeseran tata nilai sosial budaya akibat perkembang-an lingkungan strategis serta dampak negatif globalisasi.

Saya berharap, dengan pemaham-an yang telah diuraikan di atas, akan tumbuh rasa dan semangat nasionalis-me yang kuat bagi segenap peserta upacara sekalian.Saya percaya bahwa para Taruna-Taruni di Resimen Chandradimuka ini adalah pribadi pilihan dan merupakan hasil dari kompetisi serta seleksi ribuan peminat dari seluruh penjuru Tanah Air yang menginginkan untuk dapat meng-abdi kepada NKRI melalui jalur militer. Oleh karenanya, mantapkan pilihan kalian mulai dari sekarang untuk menjadi tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional yang selalu dicintai rakyat.

Untuk meraih hal tersebut, tingkatkan motivasi kalian untuk belajar dan berlatih secara maksimal, landasi dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, jauhkan diri dari pelanggaran sekecil apapun serta manfaatkan kesempatan selama mengikuti pendidikan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI ini untuk memupuk jiwa korsa dan integrasi diantara kalian. Tidak lupa juga saya ingatkan, agar kalian selalu mendekat-kan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara beribadah dan berdoa sesuai agama masing-masing serta tidak kalah pentingnya adalah kalian senantiasa memohon doa dan restu orang tua kalian dalam melanjutkan pendidikanHal ini saya tekankan karena jiwa korsa dan integrasi yang sudah   terjalin dengan kuat diantara kalian saat ini, akan sangat bermanfaat dan menentu-kan keberhasilan dan kelancaran pada medan tugas dan pengabdian setelah menjadi perwira nanti. Demikian amanat Gubernur Akmil dalam sambutan nya.

Terakhir diperbarui pada Senin, 20 Pebruari 2017 06:04
  Free joomla templates by Lonex.

Search

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday887
mod_vvisit_counterYesterday903
mod_vvisit_counterThis week4054
mod_vvisit_counterLast week10347
mod_vvisit_counterThis month24777
mod_vvisit_counterLast month39868
mod_vvisit_counterAll days1916803

We have: 66 guests, 3 bots online
Your IP: 54.162.181.75
 , 
Today: Sep 21, 2017