Home AKMIL MENYELENGGARAKAN LATIHAN DASAR MENGEMUDI TARUNA TK III/SERMADATAR
AKMIL MENYELENGGARAKAN LATIHAN DASAR MENGEMUDI TARUNA TK III/SERMADATAR PDF Cetak Email
Ditulis oleh Penhumas Akmil   
Rabu, 31 Mei 2017 04:52

AKMIL MENYELENGGARAKAN LATIHAN DASAR MENGEMUDI TARUNA TK III/SERMADATAR

tartkIIILATSARMUDAkmil - Latihan Dasar Mengemudi Taruna Tk. III Akmil TA. 2017, berdasarkan surat perintah Gubernur Akademi Militer Nomor Sprin/766/V/2017 tanggal 5 Mei 2017 tentang penunjukan Kabekang Akmil sebagai Komandan Latihan dan penyelenggara Latihan Dasar Mengemudi bagi Taruna dan Taruni Akmil TK III/ Sermadatar Tahun Pelajaran 2016/2017, yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari Senin sampai dengan rabu tanggal 29 s.d 31 Mei 2017 , diikuti 228 Taruna ( 216 Taruna dan 12 Taruni ) Tk.III/Sermadatar. Dilaksanakannya latihan Dasar mengemudi dalam rangka memberikan bekal kemampuan dan ketrampilan mengemudi kendaraan bermotor baik roda empat maupun lebih sebagai bekal dalam menjalankan tugas di masa yang akan datang. Kegiatan tersebut dikunjungi oleh Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, yang didampingi oleh Wakil Gubernur Akmil berserta Direktur Pembina Pendidikan Akmil, Direktur Kejuangan dan Pengembangan Akmil, para Kepala Program Studi, dan Komandan Resimen Taruna Akmil. Senin (29/05).

Kepala Pembekalan Angkutan (Kabekang) Akmil, Letnan Kolonel Cba Hery Ismailliya. S.E., M.Si. sebagai Komandan latihan (Danlat) pada kesempatan itu menegaskan bahwa Tuntutan kemampuan dalam menyikapi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan strategis terus mengiringi setiap tugas yang akan diemban, maka sebagai Perwira dituntut memiliki kemamuan yang keras untuk menguasai keahlian (skill) sebagai nilai tambah (Added Value) yang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan tugas di manapun berada ”. Tegas Danlat.

Lebih lanjut Kabekang Akmil Letkol Cba Hery Ismailliya. S.E., M.Si. menghimbau kepada para Taruna maupun Taruni untuk konsentrasi penuh dan selalu waspada dalam mengikuti latihan dasar mengemudi baik materi teori maupun praktek, ikuti dan laksanakan sesuai petunjuk dan perintah pelatih, pada saatnya nanti praktek mengemudi di jalan raya. Ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan latihan dasar mengemudi terpusat di Markas Komando Bekang Akmil, pada materi teori meliputi UU No 22 th 2009 di sampaikan oleh Iptu Pol Sulistya didampingi Bripka Suwandoko, Tehnik Pemeliharaan Kendaraan oleh Kapten Cpl Didik Pramudjianto, Pengetahuan Administrasi Pool Kendaraan Letda Cba M Habib , Tehnik Dasar Mengemudi Letda Cba Sudoto.

Pada materi Praktik mengemudi, dilaksanakan dibeberapa tempat atau lapangan maupun jalan raya antara lain di Lapangan Gembung Kompleks Panca Arga, jalan raya di sekitar Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Blondo, Japunan, dan Pasuruhan (Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang). Pelajaran teori dilaksanakan di Mabekang Akmil, sedangkan untuk praktik dilaksanakan di lapangan Gembung, Kompleks Panca Arga dan jalan raya di sekitar Borobudur, Blondo, Japunan, dan Pasuruan. Hari Rabu pagi pukul 07,00 WIB, Materi pelajaran praktek mengemudi di lapangan apel Markas Komando Bekaang Akmil dalam rangka pelaksanaan Ujian Sim A TNI , dengan pengampu materi Tim dari Denpom Jogyakarta dipimpin Lettu Cpm Suwarya, bagi Taruna yang memenuhi syarat atau lulus berhak untuk mendapatkan SIM "A" TNI, dan bagi Taruna yang belum memenuhi syarat untuk mengulang lagi pada sore hari pukul 16.00 sampai dengan selesai.

Pada kesempatan itu Kepala Penerangan dan Hubungan Masyarakat ( Kapenhumas) Akmil, Letnan Kolonel Inf Drs. Asep Kusman, M.Si., Menegaskan bahwa “ Latihan dasar mengemudi adalah materi yang diwajibkan bagi Taruna Tk.III/Sermadatar. Penting untuk diketahui bahwa penugasan Luar Negeri di bawah Bendera PBB mensyaratkan agar memiliki kemampuan mengemudi kendaraan roda empat atau lebih khususnya kendaraan kemudi kiri (stir kiri).  Oleh karena itu, melalui kegiatan Latsarmud Ranmor ini diharapkan Taruna Akmil pada saat lulus menjadi Perwira TNI AD memiliki kualifikasi dasar dalam bidang mengemudi, sehingga memenuhi persyaratan untuk mengikuti penugasan Luar Negeri di bawah Bendera PBB. Tegas Kapenhumas.

AUTENTIKASI PENHUMAS AKMIL

Terakhir diperbarui pada Rabu, 31 Mei 2017 05:23
  Free joomla templates by Lonex.