Home AKMIL TARUNA TK IV/SERMATUTAR MENERIMA PEMBEKALAN DARI DANPUSPENERBAD
AKMIL TARUNA TK IV/SERMATUTAR MENERIMA PEMBEKALAN DARI DANPUSPENERBAD PDF Cetak Email
Ditulis oleh Penhumas Akmil   
Jumat, 07 Juli 2017 09:21

AKMIL TARUNA TK IV/SERMATUTAR MENERIMA PEMBEKALAN DARI DANPUSPENERBAD

pnrbadAkademi Militer - Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto, memberikan pembekalan kepada 224 Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV/ Sermatutar (Capaja) 2017, dengan tema “Peran dan Tugas Pokok Penerbad”, bertempat di Stadion Saptamarga Akademi Militer, lembah Tidar Magelang. Kedatangan Danpuspenerbad yang merupakan alumni Akmil 1987 disambut langsung oleh Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Arif Rahman. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe PB., para Pejabat Distribusi Akmil dan para Pengasuh Taruna Akmil. Jumat (07/07).

Danpuspenerbad menyampaikan bahwa, saat ini Penerbad memiliki kekuatan lima Skadron yaitu : Skadron 11/Serbu (Semarang, Jawa Tengah), Skadron 12/Serbu (Waytuba, Lampung), Skadron 13/Serbu (Berau, Kalimantan Timur), Skadron 21/Sena (Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten), Skadron 31/Serbu (Semarang, Jawa Tengah). Dua Pangkalan Udara Angkatan Darat (Lanudad Gatsu - Jakarta , Lanumad A.Yani – Semarang), satu Pusdik, yaitu :, Pusdik Penerbad (Semarang, Jawa Tengah) dan Markas Pusat Penerbangan Angkatan Darat yang berkedudukan Jakarta.

Lebih lanjut Komandan Pusat Penerbang Angkatan Darat menjelaskan bahwa Penerbad adalah badan pelaksana pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad. Puspenerbad sebagai kecabangan/ kesenjataan yang merupakan satuan bantuan tempur TNI AD. Tugas pokoknya yaitu menyelenggarakan pembinaan satuan Penerbad dan melaksanakan operasi penerbangan angkatan darat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

“Peran Puspenerbad yaitu melaksanakan operasional penerbangan Angkatan Darat dalam Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang diantaranya manuver mobil udara, bantuan tembakan udara, pengintaian udara, dukungan komando dan pengendalian serta angkutan udara,” terang Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto.

Tak hanya itu, Penerbad mempunyai fungsi utama diantaranya pembinaan kecabangan, pembinaan satuan, binman dan tradisi korps, dokturjuk, penelitian dan pengembangan. Di dalam fungsi Pembinaan operasional penerbangan yaitu operasional penerbangan, pembinaan pangkalan udara, pembinaan taktik dan teknik. pembinaan pendidikan dan latihan, pendidikan pengembangan umum dan spesialisasi, latihan perorangan/ satuan.

“Pembinaan keselamatan terbang dan kerja, standarisasi kelaikan, pencegahan kecelakaan dan investigasi dan keselamatan penerbangan. pembinaan materiil pesawat terbang, pengadaan alutsista, pemeliharaan dan perbaikan, inventarisasi ” . Jelas .

Pusat Penerbangan Angkatan Darat adalah kesatuan yang memiliki sarana penerbangan dan bertugas mendukung mobilitas tempur TNI AD. Penerbangan Angkatan Darat dioperasikan dalam medan tempur, apabila keunggulan udara telah dikuasai oleh pihaknya. Sasaran di balik bukit yang tidak dapat dijangkau dengan tembakan artileri, dapat diserang secara langsung oleh helikopter Angkatan Darat (AD) atau oleh pasukan mobil udara (mobud).

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL

Terakhir diperbarui pada Jumat, 07 Juli 2017 09:36
  Free joomla templates by Lonex.