Home GUBERNUR AKMIL IRUP UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA
GUBERNUR AKMIL IRUP UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA PDF Cetak Email
Ditulis oleh Penhumas Akmil   
Sabtu, 28 Oktober 2017 02:41

GUBERNUR AKMIL IRUP UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA

Akademi Militer- peringatan ke-89 hari sumpah pemuda tahun 2017, dilaksanakan mulai pukul 07.00 wib di lapangan pancasila akademi militer lembah tidar – magelang, bertindak sebagai irup adalah gubernur akmil mayor jenderal tni arif rahman, yang diikuti oleh organik akmil baik militer dan pns serta para peserta didik (taruna/taruni), turut hadir pada kesempatan tersebut para pejabat distribusi akmil. tema peringatan ke-89 hari sumpah pemuda tahun 2017 adalah pemuda indonesia berani bersatu ”. sabtu (28/10)

upacara pokok terdiri dari pengibaran sang saka merah putih sebagai penghormatan terhadap bendera persatuan indonesia, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan pancasila oleh inspektur upacara dan ditirukan oleh seluruh peserta upacara. selanjutnya pembacaan pembukaan undang-undang dasar 1945 oleh petugas dan disusul dengan pembacaan putusan kongres pemuda pemuda indonesia tahun 1928 kemudian dilanjutkan pembacaan pidato menteri pemuda dan olahraga serta diakhiri dengan pembacaan doa.

            pidato tertulis menteri pemuda dan olahraga yang di bacakan oleh inspektur upacara menegaskan bahwa pada tanggal 28 oktober 1928, sebanyak71pemudadariseluruhpenjurutanahair, berkumpuldisebuahgedungdijalankramatraya,daerah kwitang.jakarta. mereka mengikrarkandiri sebagaisatunusa,satubangsadansatubahasa yaitu,indonesia.sungguh,sebuahikraryangsangatmonumental bagi perjalanansejarahbangsaindonesia.lkrarininantinya, 17tahunkemudian melahirkanproklamasikemerdekaanrepublik indonesia,tanggal 17 agustus1945.

            dan diakhir pidato tertulinya menpora mengutip pesan yang di sampaiakan oleh bung karno, "janganmewarisiabu sumpahpemuda,tapiwarisilahapisumpahpemuda.kalausekadar mewarisiabu,saudara-saudara akanpuasdenganindonesia yang sekarangsudahsatubahasa,satubangsa,dansatutanahair.tapi ini bukantujuanakhir,"

pesan yang disampaikan oleh bung karno ini sangat mendalam khususny bagi generasi muda Indonesia .api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah pelah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadang kala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesame anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala galanya ,jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan kedaerahan apalagi golongan. Demikian sepenggal kalimat inti dari pidato tertulis menpora yang dibacakan oleh irup.

AUTENTIKASI

PENHUMAS AKMIL


  Free joomla templates by Lonex.