Home 411 TARUNA AKMIL SIAP BERANGKAT PRAJA BAKTI
411 TARUNA AKMIL SIAP BERANGKAT PRAJA BAKTI PDF Cetak Email
Ditulis oleh Penhumas Akmil   
Kamis, 17 April 2014 07:47

411 TARUNA AKMIL SIAP BERANGKAT PRAJA BAKTI


PRAJA-BAKTI-2014

Lembah Tidar (17/4),  Usai pelaksanaan upacara bendera 17-an yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Akademi Militer, Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi selaku Inspektur upacara menerima laporan kesiapan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil TP. 2013/2014 yang akan dilaksanakan selama enam hari, mulai tanggal 21 s.d. 26 April 2014 di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

 

Adapun Taruna yang mengikuti latihan ini sebanyak 411 orang terdiri dari 205 orang taruna TK. II dan 206 orang Taruna Tk. III, yang nantinya akan disebar ke seluruh wilayah Kab. Batang untuk melaksanakan berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik yang bersifat sosial dan langsung berinteraksi dengan masyarakat.

 

Sasaran kegiatan fisik yang dilaksanakan berupa karya bakti merenovasi rumah-rumah penduduk yang tidak layak huni, membersihkan lingkungan, penyerahan bantuan sarana ibadah, olahraga dan kegiatan seminar bela negara serta promosi masuk Akmil. Sedangkan sasaran non fisik berupa metodologi riset sosial, anjangsana dan kegiatan pramuka di sekolah.


Latihan ini bertujuan untuk melatih Taruna dalam kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dalam pelaksanaannya menggunakan tiga metoda, yaitu Bakti TNI, Pembinaan Komunikasi Sosial dan Pembinaan Ketahanan Wilayah yang merupakan salah satu fungsi utama TNI AD. Selain itu, juga untuk memberikan pembekalan kepada Taruna untuk dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan lapangan secara aplikatif dan solusif serta melatih para Taruna untuk memecahkan berbagai masalah sosial dan ekonomi yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan metode riset sosial.

 

Wujud implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pembinaan Teritorial TNI, diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan nyata, diantaranya melalui latihan Praja Bakti, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada Taruna tentang pentingnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta akan tercipta mental kepribadian, kesadaran dan naluri dalam pribadi Taruna untuk selalu membantu dan mendahulukan kepentingan rakyat. Sejarah telah membuktikan, bahwa kunci keberhasilan dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa Indonesia di masa lalu adalah “Bersatunya kekuatan TNI dengan Rakyat”.

 

Dalam amanatnya, Gubernur berharap agar para Taruna pada saat melaksanakan latihan Praja Bakti dapat berperan secara proaktif dalam memberikan penyuluhan bela negara, sehingga timbul kesadaran bela negara dan minat untuk masuk menjadi Taruna Akmil dari masyarakat setempat.

 

“Ingat para Taruna, kalian adalah duta-duta Akademi Militer. Untuk itu, pegang teguh sikap dan perilaku serta tutur kata sosok seorang Taruna yang dapat dibanggakan dan diteladani, sehingga citra dan nama baik Akademi Militer dapat kalian jaga di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Batang”, tegas Beliau.

 

            Acara Laporan Pemberangkatan Latihan yang berlangsung dengan khitmad dan lancar ini, turut dihadiri Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sumedy, S.E., Para pejabat Distribusi Akmil dan Para Pengasuh Taruna serta Pendukung latihan.

Terakhir diperbarui pada Kamis, 17 April 2014 07:54
  Free joomla templates by Lonex.

Search

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2383
mod_vvisit_counterYesterday3102
mod_vvisit_counterThis week20019
mod_vvisit_counterLast week16223
mod_vvisit_counterThis month96413
mod_vvisit_counterLast month275952
mod_vvisit_counterAll days1629741

We have: 106 guests online
Your IP: 54.166.74.48
 , 
Today: Mar 30, 2017